Senin, 23 Desember 2013

MIKROPROSESOR : MENGENAL SEVEN SEGMENT

NUR DEWIYANTI/11.11.2326/TI 2011 A

Seven segment merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk menampilkan angka desimal yang biasanya dipakai pada jam digital,meteran elektronik dan piranti elektronik lainnya yang menampilkan informasi berupa angka. Seven segment ini merupakan salah satukompnen display visual yang sering digunakan dalam dunia elektronika digital, selain seven segment ada juga dot matrix, LCD, dll.
Seven segment terdiri dari 7 LED yang membentuk sebuah angka 8 dan 1 buah LED yang terdapat pada titiknya. Seven segment dapat menampilkan angka 0-9, bisa juga dengan memaksa untuk membentuk suatu huruf. Penyusunan LED pada seven segment di beri indeks menggunakan label a sampai g dan titik (dot point).
Truth Table Seven Segmnet :




Rangkaian Common katoda dan anoda

Common anoda merupakan penyatuan seluruh anoda LED pada seven segment secara paralel dan dihubungkan ke VCC. Sifat Common Anoda ini akan aktif pada saat kondisi LOW, maksudnya kondisi LOW dimana LED akan menyala jika di beri logic 0. Sedangkan Common catoda merupakan kebalikan dari common anoda dimana seluruh katoda LED pada seven segment dihubungkan secara paralel lalu disambungkan ke ground. Common katoda akan aktif pada kondisi HIGH, dimana LED akan menyala jika diberi logic 1.
Untuk menggunakan seven segment juga diperlukan suatu konverter dari bilangan biner menjadi desimal, biasanya menggunakan suatu decoder. Untuk common anoda menggunakan decoder IC TTL 7447 sedangkan common katoda menggunakan IC TTL 7448. Cara kerja decoder ini dengan mengkonversi input biner pada switch lalu masuk ke decoder setelah dikonversikan input-nya maka bilangan desimal akan tampil pada seven segment.

Menampilkan 2 Digit Angka 

Sebagai informasi saja, terdapat alamat penting pada MODUL DT-51:
- PA (Port A) = 2000h
- PB (Port B) = 2001h
- PC (Port C) = 2002h
- Reg CW (Control World) = 2003h

Dibawah ini listing program untuk menampilkan angka 9 dan 8 menggunakan software M-IDE DT5, dimana Port C digit pertama 80h dan Port C digit kedua 40h dengan CW sama-sama 80h :

$mod51
PORTC EQU 2002H
CW EQU 203H
     CSEG
     ORG 4000H
     LJMP START
DELAY : MOV R6,#0FH
LUP : MOV R7,#0FFH
           DJNZ R7,$
           DJNZ R6,LUP
           RET
START : MOV SP, #30H
               MOV DPTR, #CW
               MOV A, #80H
               MOVX @DPTR, A
LOOP :
          MOV DPTR, #PORTC
          MOV A, #80H
          MOVX @DPTR, A
          MOV P1, #7FH       //menampilkan angka 8
          LCALL DELAY
          MOV P1, #00H

          MOV A, #40H
          MOVX @DPTR, A
          MOV P1, #6FH       //menampilkan angka 9
          LCALL DELAY
          MOV P1, #00H
SJMP LOOP
END

Demikian sedikit artikel tentang Seven Segment telah selesai saya buat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.Terima Kasih...

Referensi :
http://www.geyosoft.com/2012/mengenal-seven-segment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar