Minggu, 09 Desember 2012

TUGAS 4 PEMROGRAMAN VISUAL PERTEMUAN 7


Form, Menu, MDIForm

Assalamualaikum....
Kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai Form Induk, Menu, dan MDIForm.
Langsung saja..


                       Tampilan utama



Ada 3 menu utama yaitu menu Data, Window, dan Insert. Ketika kita memilih menu Data maka akan tampil seperti gambar di bawah.





 Untuk menampilkan menu utama, sub menu, dan sub-sub menu seperti gambar di atas, kita menggunakan control pilihan MenuStrip.
 Namun untuk menampilkan ToolBar pada sisi kanan gambar di atas yaitu dengan menggunakan control pilihan ToolStrip. Klik kanan, klik Insert Standard Items. atur posisi sesuai keinginan dengan mengeklik panah pada ToolStrip, dan pilih Dock maka akan muncul gambar seperti berikut :


Selanjutnya jika kita memilih menu Data, sub menu Mata Kuliah, dan sub-sub menu Semester1, Semester 2, Semester 3 maka akan muncul form-form seperti gambar di bawah ini.







Codingnya sebagai berikut:

Private Sub Semester1ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Semester1ToolStripMenuItem.Click
        Form2.MdiParent = Me
        Form2.Show()

    End Sub

    Private Sub Semester2ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Semester2ToolStripMenuItem.Click
        Form3.MdiParent = Me
        Form3.Show()
    End Sub

    Private Sub Semester3ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Semester3ToolStripMenuItem.Click
        Form4.MdiParent = Me
        Form4.Show()
    End Sub


Selanjutnya ketika kita memilih menu Window, akan ada 3 sub menu yaitu Vertikal, Horisontal, Cascade (Tumpuk) seperti gambar berikut:


Jika kita memilih sub menu Vertikal, maka ketiga form tersebut akan berubah seperti berikut:
Codingnya:


Private Sub VertikalToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles VertikalToolStripMenuItem.Click
        Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileVertical)
    End Sub
 


Jika kita memilih sub menu Horisontal, maka akan berubah seperti beriku:

 Codingnya:

Private Sub HorisontalToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HorisontalToolStripMenuItem.Click
        Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileHorizontal)
    End Sub


Jika memilih sub menu Cascade (Tumpuk), akan menjadi:

 Codingnya:


Private Sub CascadeTumpukToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles CascadeTumpukToolStripMenuItem.Click
        Me.LayoutMdi(MdiLayout.Cascade)
    End Sub


Pada menu Insert ini, cara pembuatannya berbeda dengan menu utama yang lain, tidak menggunakann MenuStrip.  Tetapi menggunakan Button dengan Text=Insert. Kemudian dengan menggunakan ToolStrip. Button tersebut untuk menampilkan ToolStrip apabila menu Insert di klik.
Sebelumnya pada properti ToolStrip, visible di rubah menjadi False. Namun pada codingnya set visible menjadi True. Coding pada Button Insert sebagai berikut:
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        ToolStrip2.Show()
        ToolStrip2.Visible = True
    End Sub

 Tampilan ketika mengklik menu Insert seperti di bawah ini:
 

 Saat kita menunjukan gambar yang ada pada ToolStrip, maka akan muncul text Diagram. Caranya dengan mengeklik gambar tersebut kemudian ToolTipText pada propertis, text diganti sesuai keinginan.

Ketika kita mengklik kanan form utama maka akan muncul gambar di bawah ini:
 
Caranya dengan menggunakan ContextMenuStrip, dan isikan text-text sesuai keinginan. Langkah selanjutnya klik form utama, pada properties terdapat ContextMenuStrip pilih  ContextMenuStrip1.

Akan tetapi jika kita mengklik kanan menu utama maka akan muncul gambar sebagai berikut:
 
Langkah pembuatannya sama dengan menggunakan ContextMenuStrip, tetapi pada properties pilih ContextMenuStrip2.

Demikian penjelasan tugas saya sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.
Wassalamu'alaikum...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar